Membela Timnas Indonesia lalu gantung sepatu kemudian mengambil lisensi kepelatihan dan kembali ke timnas sebagai pelatih. Hal ini merupakan salah satu jalan karier impian pesepak bola Indonesia yang mempunyai dedikasi tinggi. Jumlah pemain yang pernah membela Timnas Indonesia sejak dulu kala hingga setidaknya 10 tahun lalu begitu banyak. Meski begitu, secara persentase jumlah mantan pemain yang kemudian bisa menjadi pelatih dan berkesempatan menangani Timnas Indonesia terhitung sangat kecil. Harus diakui bahwa pengalaman seorang pemain tampil bersama Timnas Indonesia diharapkan bisa memberikan pengaruh positif bagi para juniornya ketika ia ditunjuk menjadi pelatih Timnas Garuda. Berikut ini adalah ulasan sejumlah mantan pemain yang pernah memperkuat Timnas Indonesia dan kemudian juga mendapatkan kesempatan untuk menangani Timnas Garuda di segala kategori usia mulai dari U-16 hingga senior. Yang pertama ada nama Rahmad Darmawan yang merupakan mantan pemain Timnas Indonesia pada era 1988 hingga 1994. Sosok yang karib disapa coach RD ini telah tercatat tampil sebanyak 33 kali bersama Tim Garuda dan mencatatkan satu gol. Berikut juga menganalisa struktur bermain sbobet88.

sbobet88

Ia kemudian mulai merintis karier sebagai pelatih pada 1998 sebagai asisten di Persikota Tangerang. Dirinya kemudian mendapatkan kesempatan untuk bergabung bersama tim kepelatihan Timnas Indonesia pada 2002. Coach RD kemudian dikenal sebagai pelatih yang berhasil mengantarkan Timnas Indonesia U-23 meraih dua medali perak SEA Games, yaitu pada 2011 dan 2013. Berikutnya ada nama Bima Sakti yang merupakan produk jebolan PSSI Primavera pada era 1990-an. Ia kemudian memperkuat Timnas Indonesia pada medio 1995 hingga 2001, tampil dalam 58 pertandingan dan mengemas 12 gol. Merambah dunia kepelatihan bersama klub daerah asalnya yang juga pernah dibelanya, Persiba Balikpapan pada 2016.

Bima Sakti kemudian dipercaya menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia ketika Luis Milla dipercaya menangani Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. Bima Sakti kemudian naik pangkat menjadi pelatih Timnas Indonesia menggantikan Luis Milla ketika Tim Garuda berlaga di Piala AFF 2018. Gagal memberikan hasil terbaik bersama tim senior di turnamen pertamanya sebagai pelatih kepala, Bima Sakti kemudian dipercaya menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16 sejak 2019 hingga saat ini. Nikmatilah permainan sbobet, kemudahan akan kamu dapatkan dalam mendaftar permainan sbobet. Ajak juga teman-temanmu untuk bergabung bersamamu dalam bermain di website resmi sbobet88. Pilhan terbaik ada ditanganmu, dan pilihan itu bisa kamu ambil dipermainan sbobet88 yang terletak di website resmi sbobet88.